google.com, pub-1400615731964576, DIRECT, f08c47fec0942fa0
oleh

Wabup Kupang Fasilitasi Diskusi Soal Jaringan Internet di Amfoang

Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe pada Senin (01/03/2021) sore, telah memfasilitasi pertemuan antara sejumlah elemen pemuda dan mahasiswa di Kabupaten Kupang yakni Solidaritas Pemuda Amfoang (SUFa), Persatuan Mahasiswa Kabupaten Kupang (Permasku), dan Aliansi Mahasiswa Amfoang bersama pihak PT. Telkom dan PT. Telkomsel untuk mendiskusikan persoalan buruknya akses jaringan internet di Wilayah Amfoang.

Suasana diskusi soal jaringan internet yang berlangsung di ruang rapat wakil bupati Kupang pada Senin, (01/03/2021) sore.

Pertemuan tersebut digelar menyusul adanya keluhan terkait buruknya kualitas jaringan internet di wilayah Amfoang oleh sejumlah masyarakat Amfoang beberapa waktu lalu. Terakhir, Seperti yang disampaikan Paulus Elliek, Sekretaris Kecamatan Amfoang Utara dalam postingannya pada grup whatsApp Suara Amfoang, pihak mereka di Kantor Kecamatan Amfoang Utara harus memboyong sejumlah komputer ke pantai di dekat kantor kecamatan Amfoang Utara pada Senin (22/02/2021) pagi untuk mengikuti pertemuan yang digelar secara online oleh pihak BP4D Kabupaten Kupang.

Baca Juga  Aktif Belajar Menulis di Website Sekolah, Linus Lusi Beri oleh-oleh Untuk Zhindi Klali

Menanggapi unggahan Elliek, Wabup Manafe yang sudah lebih dulu menghubungi pihak Telkomsel untuk memastikan jadwal pertemuan kemudian mengundang para pemuda dan mahasiswa untuk berdiskusi.

Dalam diskusi yang berlangsung di Ruang Rapat Wakil bupati Kupang, Sekretaris SUFa, Bernat Taneo menjelaskan banyak masyarakat di Amfoang masih sulit mengakses jaringan internet sehingga ia berharap Pemkab Kupang dapat bekerja sama dengan pihak Telkomsel menyediakan akses jaringan internet yang mudah bagi warga Amfoang.

Wayan, Perwakilan pihak Telkomsel Wilayah NTT yang hadir mengatakan pihaknya akan berusaha menjawab apa yang menjadi kebutuhan warga Amfoang, termasuk  mensuport jaringan dengan mendistribusikan jaringan di wilayah NTT, khususnya di Kabupaten Kupang sehingga kebutuhan jaringan internet masyarakat dapat terpenuhi.

Wayan juga menjelaskan bahwa terdapat dua jenis tower pemancar yang ada di wilayah Amfoang saat ini yakni Tower SST (Saft Safety Tower) yang warnanya merah putih milik PT. Telkomsel dan Tower Gemas dari pihak Diskominfo /Bakti /USO yang menggunakan sistim Satelit.

Baca Juga  Anggota BPD terpilih di Amfoang Timur Bisa dilantik November 2020

Tower jenis Gemas sesuai penjelasan Wayan hanya ada di Desa Oelfatu, Kecamatan Amfoang Barat laut yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS sementara tower milik PT. Telkomsel yang sistimnya radiolink ada di Desa Manubelon di Kecamatan Amfoang Barat Daya, Kelurahan Naikliu di Kecamatan Amfoang Utara, Desa Kifu di Kecamatan Amfoang Timur, dan Kelurahan Lelogama di Kecamatan Amfoang Selatan.

Wayan menjelaskan, yang membuat jaringan internet di Naikliu mati total beberapa waktu lalu karena BTS yang ada di Naikliu yang dayanya menggunakan listrik matahari sempat terganggu ketika intensitas cahaya matahari berkurang saat hujan deras beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Dinas Peternakan Kabupaten Kupang dukung Revolusi 5P dan TJPS

Sementara itu, Arumi yang mewakili pihak PT. Telkom juga menjelaskan bahwa PT. Telkom memiliki program jangka panjang untuk menyediakan jaringan internet di wilayah terkategori 3T seperti di Amfoang.

Untuk memastikan tersedianya jaringan internet yang berkualitas bagi masyarakat Amfoang, Jerry Manafe menyatakan pihak pemerintah Kabupaten Kupang bersedia untuk mendukung pengembangan infrastruktur jaringan internet di Amfoang termasuk memfasilitasi pengadaan lahan yang diperlukan.

“Soal dana, kami akan koordinasi dengan para pemangku kepentingan di atas, bisa lewat Gubernur NTT, atau pak Mentri Kominfo yang kebetulan juga orang NTT, dengan alasan bahwa Amfoang yang berbatasan langsung dengan Negara lain, juga daerah 3 T yang perputaran ekonominya baik sementara disiapkan untuk menjadi daerah otonom baru.” kata Manafe.

Komentar

News Feed