google.com, pub-1400615731964576, DIRECT, f08c47fec0942fa0
oleh

Stefen Tallo: Guru Perlu Kembangkan Diri Agar Tidak Terseleksi Sistem

Stefen Tallo, Koordinator Pengawas SMA/SMK Wilayah Kabupaten Kupang pada Selasa (26/10/2021) malam, ketika menutup kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang diikuti 3 SMA di Wilayah Fatuleu Barat dan Amfoang Barat Daya mengharapkan, para guru perlu mengembangkan dirinya agar memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak terseleksi oleh sistem.

“Bapak dan ibu guru mesti kembangkan diri, harus meningkatkan kompetensi diri sesuai perkembangan zaman, agar tidak terseleksi dan ditolak oleh sistem.” kata Tallo saat menutup kegiatan MGMP yang digelar sejak Senin hingga Selasa (25-26/10/2021) bertempat di SMAN 2 Fatuleu Barat, Desa Poto, Kecamatan Fatuleu Barat itu.

Baca Juga  Linus Lusi Minta Kepala SMA/SMK Menerapkan Transparansi Anggaran Sekolah

Tallo mengharapkan, selain memiliki penguasaan mendalam pada materi-materi yang berkaitan dengan tugas profesional guru, para guru juga harus memiliki kemampuan IT (informasi dan teknologi) sebagai salah satu ciri dari guru milenial.

Tallo juga menginginkan agar para peserta MGMP sejumlah 50 orang guru yang berasal dari SMAN 1 Amfoang Barat Daya, SMAN 1 Fatuleu Barat, dan SMAN 2 Fatuleu Barat bisa mengimplementasikan dan menindaklanjuti materi-materi yang sudah diterima selama kegiatan MGMP sehingga pelaksanaan pembelajaran di masing-masing sekolah jadi bermakna bagi peserta didik dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Menurut Tallo, para guru yang diibaratkan sebagai tentara berada pada garda terdepan untuk menyukseskan agenda dan kepentingan pendidikan sehingga materi-materi yang diperoleh dalam kegiatan pengembangan diri seperti kegiatan MGMP perlu diterapkan dalam penyelenggaraan pembelajaran karena seperti yang ditemukan oleh pihaknya, masih terdapat banyak kelemahan dalam penerapan berbagai model dan metode pembelajaran oleh banyak guru di banyak sekolah.

Baca Juga  Pemuda Amfoang Rayakan Hari Sumpah Pemuda di Amfoang Timur

Karena itu, Tallo meminta, meskipun forum MGMP sudah selesai digelar,  para guru dan pihak sekolah tetap intens menghubungi pihaknya jika berhadapan dengan berbagai kekurangan dan masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

“Meski forum MGMP sudah selesai, saya minta kita tetap saling kontak agar bisa belajar bersama.” pinta Tallo.

Baca Juga  Warga Harap Proyek Jalan Provinsi di Afatar Cepat diselesaikan

Lebih lanjut Tallo juga mengharapkan agar para guru selalu disiplin masuk sekolah dan juga tidak menjadi beban bagi sekolah. Sebab, kata Tallo, sekolah tempat mengajar seolah menjadi ‘piring nasi’ bagi para guru sehingga perlu dikelola dengan baik agar tidak mengorbankan kepentingan para peserta didik.

Tallo juga meminta agar para guru tidak membentuk kubu atau kelompok tertentu dan beroposisi dengan pimpinan di sekolah.

“Kalau ada masalah di sekolah, tolong komunikasikan dengan kepala sekolah sebagai wakil dari pihak dinas. Saya harap tidak ada oposisi di sekolah.” tandas Tallo.

 

 

Komentar

News Feed