google.com, pub-1400615731964576, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-1400615731964576, DIRECT, f08c47fec0942fa0
oleh

SMAN 1 Amfoang Utara Pilih Pengurus OSIS Secara LUBER dan JURDIL

Di awal tahun pembelajaran 2022/2023 ini, SMA Negeri 1 Amfoang utara di Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang mulai menerapkan  praktik berdemokrasi melalui pemilihan paket calon ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 1 Amfoang Utara Periode 2022/2023 secara Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber) serta Jujur dan Adil (Jurdil).

Dimulai Jum’at (02/09/2022) lalu, masing-masing paket calon ketua dan wakil ketua OSIS mulai memaparkan visi dan misinya. Ada 4 paket calon ketua dan wakil ketua. Paket pertama yakin Maria Bon (XI IPA 2) dan Obaja Naisunis (X IPA 2). Paket kedua yakni, Diki Adu (XI IPS 2) dan Sandy Riwu (X IPS 2). Paket ketiga, Graceley Fallo (XI IPS 2) dan Noldy Oekolo (X IPS 2). Sementara paket keempat, Faldy adu (XI IPA 1) dan Dedi selan (X IPA 1).

Setelah selesai pemaparan visi dan misi oleh ke-empat calon ketua dan wakil OSIS tersebut, maka tepat pada Selasa (07/09) kemarin, seluruh siswa SMA Negeri 1 Amfoang Utara melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022-2023.

Baca Juga  ULTRAS VICTORY dan SUFa Bagi Anakan Pisang Barangan kepada 2 Poktan di Ambada

Uniknya tahapan pemilihan ketua dan wakil OSIS tahun ini sangat berbeda dengan pemilihan-pemilihan pada tahun sebelumnya. Tahapan pemilihan disusun sedemikian rupa sehingga penyelenggaran pemilihan OSIS kali ini seperti pemilu, dilaksanakan secara langsung sesuai asas pemilu.

Sebelum proses pemilihan dimulai, seluruh warga sekolah SMA Negeri 1 Amfoang Utara berkumpul di lapangan sekolah dan menyanyikan yel-yel SMA Negeri 1 Amfoang Utara bersama-sama kemudian berdoa dan kepala SMAN 1 Amfoang Utara, Devidson Naioes membuka kegiatan pemilihan OSIS tersebut dengan menyampaikan beberapa himbauan.

“Pada pelaksanaan kali ini saya mengharapkan adik-adik semua memilih dengan penuh rasa tanggung jawab, dan pilihlah salah satu vigur pilihan adik-adik semua karena pengurus yang terpilih nanti akan menjadi wadah atau media untuk memimpin kalian-kalian semua dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah artinya, pengurus OSIS yang terpilih nanti akan membantu guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. Oleh sebab itu pengurus OSIS yang terpilih harus rapi dan berani. Pilihlah pengurus OSIS yang menurut kalian adalah orang-orang terbaik dan saya yakin bahwa 4 calon wakil dan ketua OSIS tersebut adalah orang-orang terbaik di SMAN 1 Amfut yang mewakili 319 siswa. Oleh sebab itu pilihlah berdasarkan visi misi bukan berdasarkan kedekatan.” himbau Devidson Naioes.

Baca Juga  Guruku, Tulusmu Mengubah Dunia

Kepala Sekolah Devidson Naioes juga menghimbau agar pasangan mana pun yang menang haruslah merangkul yang kalah dan memasukkannya dalam badan pengurus, sedangkan pasangan yang tidak terpilih tidak boleh membuat onar dan menjatuhkan yang menang, agar sama-sama bergandengan tangan untuk maju bersama, hebat semua sesuai dengan moto SMAN 1 Amfoang Utara.

Bertempat di ruangan Lab. Fisika, panitia pemilihan menyiapkan 3 bilik suara dengan jumlah pemilih sebanyak 303 orang yang terdiri dari 281 siswa, 22 orang guru dan pegawai SMAN 1 Amfut.

Proses pemilihan dimulai sejak pukul 10:50 WITA sampai dengan pukul 12:04 WITA. Untuk tahapan pemilihan hampir sama dengan pemilu pada umumnya. Setelah selesai menyalurkan hak suara, pemilih diwajibkan untuk mencelupkan jari kedalam tinta sebagai tanda bahwa sang pemilih telah menyalurkan hak suaranya.

Setelah pemungutan suara selesai, kemudian di lanjutkan dengan proses penghitungan suara yang berlangsung dari pukul 12:10 WITA sampai dengan pukul 13:00 WITA.

Baca Juga  Cintamu tidak Sirna | Puisi Zhindi Klali

Sementara penghitungan suara sebanyak 299 orang, hasilnya pasangan nomor urut satu, Maria Bon dan Obaja Naisunis memperoleh 60 suara, pasangan nomor urut dua, Diki Adu dan Sandy Riwu memperoleh 47 suara, sementara pasangan nomor urut tiga, Graceley Fallo dan Noldy Oekolo, memperoleh sebanyak 20 suara, dan pasangan nomor urut empat, Faldy adu dan Dedi selan memperoleh sebanyak 170 suara, sedangkan 2 suara dinyatakan golput.

Dengan demikian, pasangan nomor urut empat dinyatakan sebagai pemenang karena mengungguli ketiga pasangan pesaingnya. Faldy Adu sebagai ketua OSIS dan Dedi Selan sebagai wakil ketua OSIS.

Pembina OSIS SMAN 1 Amfoang Utara setelah proses pemilihan menyampaikan, “kita berusaha untuk menerapkan budaya demokrasi lewat pemilihan osis sehingga kedepannya siswa dapat memahami bagaimana caranya berdemokrasi yang baik”.

Menurutnya, proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini menjadi ajang pembelajaran kedepan agar ketika berada dalam masyarakat, siswa diharapkan dapat mengetahui bagaiamana cara terlibat dalam pemilihan umum dengan benar. (Zhindi Klali, kelas XI SMAN 1 Amfoang Utara)

Komentar

News Feed