google.com, pub-1400615731964576, DIRECT, f08c47fec0942fa0
oleh

Pergaulan Bebas

Seperti yang kita ketahui belakangan ini banyak media yang menayangkan dan membahas tentang pergaulan bebas, hal ini tentu membuat kita menjadi resah. Karena setiap harinya kita tidak bisa mengontrol pergaulan yang makin bebas. Alangkah lebih baiknya kita selalu mendengarkan nasehat dan bimbingan orang tua setipa hari, karena seperti kasus lainnya, pergaulan bebas tentu ada penyebabnya.

Adapun faktor yang menjadi munculnya pergaulan bebas ini antara lain kurangnya kasih sayang dan arahan dari orang tua. Terkadang orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya, seringkali melupakan anak-anaknya yang masih membutuhkan bimbingan dan arahan dimasa remaja. Tak hanya itu saja, teman dan lingkungan yang buruk. Serta penggunaan internet yang bijaksana juga menjadi salah satu faktornya pula.

Baca Juga  Kepala Sekolah Ribet dan Rumit Masalahmu

Apabila faktor – faktor tersebut tidak dapat diatasi, maka kita akan semakin terjerumus kedalam pusaran pergaulan bebas. Tak dapat dipungkiri jika nantinya kita harus meananggung konsekuensi negative akibat pergaulan bebas yang kita jalani saat ini. beberapa konsekuensi negative tersebut seperti kecanduan obat – obatan terlarang, minum – minuman keras, melakukan tindakan kriminal, seks bebas, dll.

Baca Juga  Mengakarkan Budaya Membaca

Kita selaku remaja masa kini ada baiknya dapat mencegah hal – hal tersebut dengan berbagai upaya. Tak hanya mendengarkan arahan orang tua kita saja, kita juga harus taat pada nilai – nilai agama serta adat istiadat yang sudah diajarkan. Kita juga harus lebih selektif menjaga pergaulan agar tidak terjerumus pada hal – hal negatif.

Karena adanya pengarahan dan didikan yang tepat dari orang tua diharapkan kita nantinya akan mampu menghindari pergaulan bebas. Selain itu ada baiknya pula kita mengenalkan teman – teman yang kita punya kepada orang tua agar orang tuapun dapat mengetahui siapa yang menjadi teman bermain, sehingga dapat mengurangi pergaulan bebas yang makin sulit dikendalikan.

Baca Juga  Guru SMA di Fatbar diminta Anggap MGMP Sebagai Refreshing

Dengan melakukan hal kecil tersebut, kita sebagai remaja bisa menjaga diri kita agar terhindar dari pusaran pergaulan bebas. Akhir kata, saya mengajak teman – teman untuk mewaspadai pergaulan bebas mulai dari diri sendiri.

 

Oleh: Ketrin Natun, Pelajar SMAN 2 Fatuleu Barat.

Komentar

News Feed