google.com, pub-1400615731964576, DIRECT, f08c47fec0942fa0
oleh

Jerry Manafe: ‘Tiga Batu Tungku’ di Desa Mesti Kerjasama

Jerry Manafe, Wakil Bupati Kupang.

Jika ingin pembangunan di desa berpihak dan menyentuh kebutuhan masyarakat, mesti ada kerja sama yang baik antara kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan masyarakat. Kepala desa dibantu perangkatnya tidak bisa sendirian menyelenggarakan pembangunan tanpa peran BPD dan pelibatan masyarakat. Juga, meskipun kepala desa dibantu perangkatnya bekerjasama dengan BPD, pembangunan relatif tidak maksimal jika masyarakat tidak terlibat. Begitu pula jika kepala desa hanya mau bekerjasama dengan masyarakat tanpa melibatkan BPD, dinamika pembangunan di desa menjadi tidak sehat karena BPD sebagai wakil rakyat di desa memiliki peran penting dalam penganggaran dan pembangunan di desa.

Baca Juga  Warga Nauen Minta Pemerintah Bantu Perbaiki Lantai Jembatan Nauen

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe mengatakan hal tersebut ketika berdiskusi bersama sejumlah pengurus Solidaritas Pemuda Amfoang (SUFa) di ruang rapat wakil bupati Kupang pada Selasa (06/10/2020) pagi.

Manafe kemudian menyebut ketiga elemen tersebut sebagai tiga batu tungku di desa sehingga peniadaan peran salah satunya menyebabkan hidangan pembangunan menjadi rusak dan buruk.

Baca Juga  Aku Mencarimu Dibalik Puisi | Puisi Arnold Taninas

“Karena itu, ketiga elemen tersebut mesti erat bekerjasama.” harap Manafe.

Menurut Manafe, salah satu tungku, yaitu masyarakat, yang terdiri dari para pemuda, tokoh adat, tokoh perempuan, maupun pemuka agama di desa memiliki peran penting untuk terlibat bersama kepala desa dan BPD dalam merencanakan hingga mengawasi penyelenggaraan pembangunan di desa agar adil dan tidak ditunggangi kepentingan sempit seperti korupsi dan perilaku sejenisnya oleh pihak atau oknum tertentu.

Baca Juga  Jembatan Talmanu dikerjakan Pakai APBN, direncanakan Selesai Tahun ini

Di akhir diskusi, Manafe mengungkapkan ada banyak kepala desa dan BPD yang belum sepenuhnya memahami tugas dan pekerjaan mereka sehingga dirinya mengharapkan agar anak-anak muda yang kritis di desa, yang berada pada salah satu tungku, tidak hanya kritis menyoroti ketimpangan pembangunan di desa tetapi juga aktif melibatkan diri untuk membantu kepala desa dan BPD dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.

Komentar

News Feed